Beranda > Tips and Trick > 7 Trik SEO Mudah

7 Trik SEO Mudah

Berhubung beberapa teman ane minta tutorial SEO(Search Engine Optimazion)… langsung aja ane jelaskan sedikit mengenai SEO…

SEO singkatan dari Search Engine Optimization.

Maksud dari SEO apa ya? Adakah penjelasannya?

SEO atau Search Engine Optimization atau dalam bahasa Indonesia kurang lebih berarti optimasi mesin pencari, maksudnya adalah sebuah teknik atau cara untuk mengoptimalkan atau memaksimalkan sebuah situs atau web atau blog agar mampu tampil di mesin pencari dengan kata kunci tertentu. Misalnya, blog dengan alamat url www.cyberstark.wordpress.com dan ditargetkan atau dicari dengan kata kunci atau keyword “News, Tutorial, Tips&Trick, Learn And Joke About IT ” (tanpa tanda petik), dengan mesin sembari google.co.id. Jika blog tersebut mampu tampil di halaman pertama atau mungkin urutan pertama pada halaman hasil pencarian tadi, berarti blog tadi sudah berhasil dioptimalkan dengan kata kunci tersebut di atas tadi. Langsung aja ini sedikit tips seo gan..

1. Baguskan Akses Menuju Blog
Nah, ini dia yang terpenting. Langkah awal SEO dimulai dengan memberikan akses termudah bagi pengguna, pengunjung dan juga robot SEO (Robot google) yang akan memantau blog sobat. Dengan akses yang mudah dan praktis memungkinkan blog sobat dapat terindeks dengan cepat oleh search engine khususnya google.

Beberapa saran yang bisa saya berikan sebaiknya gunakan template yang SEO friendly, atau jangan membiarkan akses menuju blog sobat terlalu berat sehingga menyebabkan pengunjung blog sobat akhirnya memutuskan untuk batal mengunjungi blog sobat.

2. Teliti Lebih Detail Keyword Blog
Beberapa postingan yang saya dapat mengatakan keyword tidak begitu penting dalam menujang perkembangan SEO blog, namun tidak bagi saya. Mengapa begitu, keyword memberikan keuntungan tersendiri, yah begitulah menurut saya. Bagaimana tidak, suatu keyword yang sering muncul terutama pada postingan sobat akan terindeks pertama kali di SERP mengatas namakan keyword tersebut.

Nah, untuk itu teliti dahulu keyword yang bisa sobat gunakan dan yakinkan selalu muncul pada postingan sobat sehingga akan memberi keuntungan tersendiri bagi blog sobat.

3. Memperkuat Isi Postingan / Konten
Apakah sobat pernah dengar istilah “Content is King” and “SEO is its Queen” ? Ya, Konten adalah raja sedangkan SEO adalah Ratu, dari derajat tersebut tentunya sobat menyadari bahwa konten blog merupakan suatu hal yang utama.

Maka untuk itu, selalulah memberikan konten yang berguna, berkualitas, relevan dan tentunya memberi manfaat bagi pembaca sobat, dan ingat jangan melakukan copy-paste, karena google sangat membenci yang namanya scraping konten. Kalau memang harus copy-paste jangan lupa tautkan link sumbernya. Dan yang terpenting usahakan selalu update postingan sobat setiap harinya minimal 1 kali seminggu.

4. Tingkatkan Link Building
Membangun link di blog sobat adalah yang terpenting juga, hal ini berhubungan dengan tata peletakan link, akurasi (Jangan sampai ada link yang mati), menempatkan link agar memperoleh linkback yang baik, dll.

Nah, solusi yang terbaik disini adalah selalu perhatikan setiap link sobat, jangan sampai ada link yang mati atau error, kebiasaan saya biasanya meletakkan atribut “title” pada html link tersebut karena hal tersebut memungkinkan link tersebut lebih efisien dan lebih cepat diindeks oleh google atau bisa jadi bisa menjadi top search di SERP google.

5. Kelola Sosial Network Untuk Promosi Blog
Salah satu hal yang paling efektif dalam mempromosi blog adalah melalui situs jejaring sosial seperti Google+, Facebook, Twitter, Digg, dll. Karena melalui situs jejaring sosial ini memungkinkan kita untuk mendapatkan pengunjung tambahan dari teman-teman yang mengujungi tautan yang kita berikan.

Oleh sebab itu, setiap ada postingan terbaru alangkah lebih baik untuk mempublishkannya juga ke situs jejaring sosial (Memberi tautan).

6. Mengembangkan Reputasi Blog
Ini salah satu cara lama yang masih efektif hingga kini, maksudnya disini adalah bagaimana cara menjaga reputasi kita dalam blogging. Misalnya dengan melakukan blogwalking ke blog-blog para sahabat, memberi komentar, dan hal-hal lain yang meningkatkan minat pendatang ke blog kita.

Nah, untuk bagian yang ini, usahakan setiap melakukan blogwalking ke blog para sahabat jangan lupa untuk meninggalkan jejak, meninggalkan jejak maksudnya disini tidak sekedar mengisi buku tamu saja sob, alangkah lebih baiknya kita memberikan komentar yang bermanfaat pada postingannya (Tentunya tidak melenceng dari tema postingan atau sering disebut Spamming Comment).

7. Selalu Up-to-Date Tentang Ilmu Baru
Maksudnya disini adalah kita meski selalu update dan tentunya tahu tentang praktek-praktek baru SEO sob, seperti yang kita ketahui, setiap pekan, bulan maupun tahunnya beberapa search engine melakukan perubahan algoritmanya

8. Indeks Blog Anda ke Mesin-Mesin Pencari

a. Google
Maksudnya adalah, anda turut berpartisipasi aktif membantu GoogleBot untuk merayapi situs atau blog anda (itulah manfaat saling membantu.. hehehe). Caranya adalah dengan mendaftarkan situs anda ke Google, yaitu lewat :
http://www.google.com/addurl/

b. Yahoo
Langkah Langkah submit blog ke yahoo
Langkah 1: Kunjungi Yahoo Site Explorer dan sign in dengan akun yahoo yang kamu miliki.

Langkah 2: Tambahkan blog milikmu (http://contoh.blogspot.com). Klik pada Add My Site.

Langkah 3: Proses Otentikasi situs / Authenticate dengan menambahkan meta tag pada blog atau situs.

Langkah 4: Sekarang tambahkan meta tag setelah (head tag) di blog. Kemudian klik Ready to Authenticate

Langkah 5: Sekarang klik pada tombol explore di belakang nama blog kita. Kemudian kita akan melihat halaman seperti gambar di bawah ini. Kemudian klik “submit it for free “.

Langkah 6: Ada dua pilihan (a) Submit a website or webpage atau (b) submit site feed. Pertama memilih pilihan (a. Masukkan alamat blog kamu. Kemudian pilih opsi (b), dan masukkan masukkan alamat feed blog punyamu. Kawan – kawan blogger Indonesia dapat melakukan submit url sebagai berikut:
1.atom.XML
2.rss.XML
3.feeds/comments/default
4.feeds/comments/default? Alt = rss
5.feeds/posts/default
6.feeds/posts/default? Alt = rss

Setelah beberapa hari, cobalah check blog kamu (http://namablogkamu.blogspot.com) di yahoo search engine. Mungkin blog milikmu akan terindeks apabila langkah di atas dilakukan dengan benar. Semoga Bermanfaat.

Nah, mungkin cukup sampai disini saja dech sob postingan saya kali ini, apabila sobat mempunyai tips baik berupa kritik maupun saran, bisa sobat beritahu saya di komentar postingan dibawah.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: