Beranda > News > Jepang Kembangkan ‘Virus’ Penghancur Serangan Cyber

Jepang Kembangkan ‘Virus’ Penghancur Serangan Cyber

Jakarta – Virus komputer tak selamanya jahat. Perusahaan teknologi asal Jepang Fujitsu punya jurus baru menghadang serangan cyber, yakni dengan menciptakan virus komputer yang bisa mengidentifikasi dan melumpuhkan serangan tersebut.

Proyek ini adalah bagian dari inisiatif Fujitsu membantu upaya pemerintah Jepang memerangi serangan berbasis internet yang sudah berjalan selama tiga tahun. Pemerintah Jepang bahkan sengaja mengalokasikan dana sebesar USD 2,3 juta demi ‘berperang’ melawan serangan cyber.

Dilaporkan TNW Asia, Senin (2/1/2012), virus ini akan memonitor dan menganalisa, sebelum mengidentifikasi sumber serangan. Selanjutnya, ia akan menutup akses serangan guna mencegah masalah lebih lanjut.

Satu-satunya penghambat utama tim Fujitsu menjalankan proyek ini adalah hukum Jepang saat ini yang melarang pembuatan virus komputer. Namun agaknya, Fujitsu bisa meluluhkan hati pemerintah mengingat proyeknya ini digarap untuk kepentingan keamanan nasional.

Jepang dikenal sebagai salah satu negara yang menjadi sasaran empuk serangan cyber sepanjang 2011. Komputer sejumlah anggota parlemen Jepang dilaporkan diretas.

Virus yang sedang dibuat Fujitsu masih terus dikembangkan. Hingga saat ini, virus yang belum diberi nama tersebut telah diuji coba di lingkungan terbatas.

source : detikinet.com

Kategori:News
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: