Beranda > It's About IT > Tipikal orang-orang di dunia maya

Tipikal orang-orang di dunia maya

Saya aktif di beberapa page dan forum mengenai Ubuntu atau “heking” (lol), disana saya terkadang membantu orang lain semampu saya. Tapi ada yang membuat saya merasa malas dan terkadang gemas jika nongkrong disana, mau tau? Check this out.

1. Malas mencari sendiri.
Ini yang paling membuat saya gemas. Sebagian besar orang yang bertanya ternyata sama sekali tidak mencari informasi lewat Google. Saya sering heran, memangnya sulit mengetik kata kunci di Google? Atau apakah mereka belum mengenal Google? Padahal Google bukan situs baru lho, penghuni dunia maya sudah tahu klo Google itu adalah mesin pencari.

2. Malas membaca artikel dalam bahasa Inggris.
Seringkali saya sodorkan artikel-artikel dalam bahasa Inggris tapi balasannya sering begini: “Ada bahasa Indonesianya ga?” atau “Tolong terjemahkan gan”.
Jika sudah seperti itu, saya ga akan ladenin lagi. Jahat? Memang, saya lebih baik bersikap jahat seperti itu untuk memacu dia belajar dan lebih penasaran lagi.😦
Oh iya, teman saya, bang Heru Himawan T. Gould JR pernah menulis status seperti ini:
“Silahkan pelajari Bahasa Inggris jika anda berkehendak mempelajari sains secara global, terutama bidang IT & Sains Komputer. Ketersediaan panduan/manual edisi Bahasa Indonesia masih terbatas. Jika anda hanya menunggu proses transfer teknologi barat menuju edisi-edisi Bahasa Indonesia, maka anda bersiap tertinggal 20-tahun dari progresifitas teknologi barat sebagai pedoman teknologi global.”

3. Takut mencoba.
Setelah saya menjelaskan panjang lebar, biasanya mereka takut mencoba atau malas mencoba. Kenapa harus takut? Jika kalian utak-atik software kemudian error, kalian tinggal uninstall atau install ulang OS saja (tentu saja backup data terlebih dahulu). Lagipula, kapan bisa berkembang jika selalu takut. Komputer ga bakal meledak jika kalian utak-atik software, serius.

4. Salah kaprah.
Kebanyakan orang yang saya temui ternyata sering salah kaprah dalam mengartikan sesuatu. Ada yang bilang MD5 itu untuk nge-hack, Linux itu untuk programmer, bahkan kemarin-kemarin ada yang begitu ngotot dan susah dijelasin jika Ubuntu dan RedHat itu berbeda meskipun sama-sama menggunakan Linux sebagai kernelnya (dia menganggap Red Hat itu bagian dari Ubuntu).

5. Terlalu menyepelekan masalah.
Ya, kebanyakan dari mereka terlalu menyepelekan masalah. Ketika saya jelaskan hal-hal yang rumit dan teknisnya seringkali mereka menolak dan baru mengerti setelah saya jelaskan lebih lebar lagi. Dunia komputer itu dunia yang sangat rumit dan kompleks, tidak simpel. Jadi janganlah terlalu menyederhanakan masalah karena itu tidak baik buat anda sendiri.

6. Pertanyaan tidak jelas.
Ada yang nanya seperti ini “Gan, komputer saya mati sendiri itu kenapa ya gan?”.
Saya jawab ya? itu bisa saja RAM nya, Harddisknya, Motherboardnya, PSU, prosesornya, atau OS nya. Jika OSnya, itu bisa saja virus, bla bla bla bla
See? Jika bertanya tidak jelas dan terlalu umum seperti itu memiliki kemungkinan jawaban yang banyak. Buatlah pertanyaan dengan spesifik lalu gunakan kata-kata yang sopan (bukan berarti harus formal). Insya Allah ada yang menjawab

sumber : http://kehl-bellrose.blogspot.com/2011/11/tipikal-orang-orang-di-dunia-maya.html

Kategori:It's About IT
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

