Beranda > News > Kabel Telkom Dikira Akar, Jaringan Yogya Mati

Kabel Telkom Dikira Akar, Jaringan Yogya Mati

VIVAnews – Sebanyak 1.800 pelanggan Telkom Yogyakarta tidak dapat mengakses telepon akibat dua kabel tembaga bawah tanah di dekat Jembatan Kewek putus disambar ‘backhoe’ atau eksavator dalam proyek pembangunan ‘fly over’ Kleringan, Yogyakarta.

Parahnya lagi, beberapa instansi penting di kawasan Malioboro juga tidak dapat mengakses telepon seperti Ina Garuda, Hotel Mutiara, Gedung DPRD DIY, Komplek Kepatihan hingga Gedung Agung.

“Kami sedang mencoba memperbaiki, kemungkinan satu atau dua hari lagi selesai. Sebab kabel berdiameter sekitar 10 centimeter putus,” kata Jujun Pujaswara, Manajer Area Telkom Unit Enterprise Regional IV DIY/Jateng, 12 September 2011.

Jujun menyebutkan, pihaknya juga telah menerima komplain dari para pelanggan karena fasilitas yang menggunakan jaringan telepon mati seperti jaringan perbankan yang meliputi saluran ATM, Speedy dan telpon umum mati.

“Kami telah mengerahkan tim untuk melakukan perbaikan khususnya di titik-titik yang di prioritaskan seperti gedung perkantoran dan hotel,” ucap Jujun

Perbaikan, menurut Jujun, akan dilakukan dengan pergantian kabel baru sekitar 3-4 meter di titik putusnya Kabel. Meski demikian, Jujun memastikan sebagian jaringan di blok Malioboro masih dapat berfungsi normal termasuk jaringan fiber optik yang hanya berada beberapa sentimeter dari kabel yang putus.

“Kabel metal itu seharusnya tidak dapat putus dengan mudah meskipun ditarik backhoe. Kabel jenis ini sebenarnya cukup kuat. Tapi kalau ditarik dengan paksa pasti akan putus juga,” kata Jujun dengan nada kesal.

Sementara Darmo, pengawas proyek yang saat itu berada di tempat kejadian mengira kabel itu hanya akar tanaman yang melintang di bawah tanah. Pengerukan jalan itu sendiri dilakukan untuk membuat saluran air baru yang mengalir ke Kali Code. Jadi semua ini murni kecelakaan kerja. Operator backhoe mengira kabel itu cuma oyot (akar).

”Ketika ditarik sepertinya kok bandel buanget, kok gondel-gondeli ya kemudian di sentake,” ucap Darmo

sumber : http://teknologi.vivanews.com/news/read/246510-kabel-telkom-putus–telepon-internet-atm-mati

Kategori:News
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: