Beranda > News > Doel, Laptop Android Rp 1,1 Juta Diluncurkan

Doel, Laptop Android Rp 1,1 Juta Diluncurkan

Jakarta – Sebuah laptop Android dengan harga sangat murah diluncurkan di Bangladesh. Dengan banderol hanya USD 130 atau sekitar Rp 1,1 juta, laptop tersebut termasuk yang paling murah di dunia.

Ditujukan untuk mempersempit kesenjangan digital di Bangladesh, laptop bernama Doel ini diperkenalkan oleh Perdana Menteri Bangladesh, Sheikh Hasina. Laptop Doel dibuat di dalam negeri oleh perusahaan telekomunikasi Telephone Shilpa Sangstha (TSS).

“Ini adalah langkah besar untuk membangun Bangladesh digital. Ketika orang-orang desa bisa mendapat laptop dengan harga lebih murah, mereka akan terkoneksi internet dan mendapat banyak manfaat,” katanya, dikutip detikINET dari BBC, Rabu (12/10/2011).

Awalnya, laptop tersebut akan didistribusikan untuk beberapa departemen pemerintahan Bangladesh. Kemudian akan diluncurkan untuk publik serta jutaan pelajar di negara itu. Terdapat empat buah model laptop yang tersedia.

Versi termurah dengan harga USD 130 memakai OS Android dan prosesor buatan Via. Model yang lebih mahal telah memakai prosesor dari Intel. Sementara ini, baru 10% komponen laptop buatan dalam negeri, sisanya impor.

Pemerintah Bangladesh membesut laptop murah itu untuk mendukung program Digital Bangladesh dengan tujuan membuat seluruh negeri terkoneksi secara digital tahun 2021. Sebelumnya, pemerintah India juga telah merilis tablet termurah di dunia, untuk memajukan pendidikan.

sumber : http://www.detikinet.com/read/2011/10/12/105739/1742136/398/doel-laptop-android-rp-11-juta-diluncurkan?i991102105

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: