Beranda > It's About IT > Pilih Notebook atau Netbook?

Pilih Notebook atau Netbook?

Sejak ditemukan tahun 1980, oleh John Osborne, Mobile Computer atau yang sekarang lebih akrap disebut laptop atau notebook, beratnya mencapai 13kg dengan ukuran layar 5”. Wow.. betapa beratnya laptop jaman dulu ya?! Namun dengan seiring waktu dan perkembangannya, kini laptop/notebook beratnya rata-rata dibawah 2kg, dengan ukuran layar diatas 10”.

Notebook memiliki kemampuan yang setara dengan PC Desktop, sehingga notebook mampu menjalankan aplikasi yang membutuhkan performa tinggi. Karena itu, sekarang makin banyak orang beralih dari komputer desktop ke notebook. Semakin tinggi kebutuhan resource software yang Anda gunakan, seperti game-game terbaru, 3DS Max, AutoCAD, dll, maka semakin tinggi pula spesifikasi notebook yang harus Anda siapkan. Harga notebook ada dikisaran $500 ke atas. Semakin tinggi spesifikasinya, semakin tinggi pula harganya.

Saat ini versi terkecil dari notebook adalah netbook, beratnya kurang dari 1.5kg dengan ukuran layar 7” – 10”. Netbook dibuat untuk memenuhi kebutuhan para netter yang sangat mobile, karena itu ukurannya dibuat lebih kecil dan ringan dari notebook, agar mudah dibawah kemana-mana. Karena fungsi utamanya sebagai mobile internet device, maka netbook lebih menonjolkan base internet. Sehingga hanya dapat menjalankan aplikasi dengan resource kecil, seperti pengolah kata, browser, dan beberapa game-game ringan. Banyak hardware pendukung yang dikurangi, salah-satunya, DVD/CD Rom. Dari segi harga, netbook ada dikisaran harga $250 – $500.

Pertanyaannya sekarang, pilih mana, Notebook atau Netbook?

Setelah membaca dan mengerti dengan baik, kelebihan dan kekurangan masing-masing gadgets, saya yakin Anda yang saat ini yang masih bingung memilih antara notebook atau netbook, sudah bisa menentukan pilihan. Intinya, tentukan pilihan sesuai kebutuhan dan budget. Tapi kalau nggak punya masalah dengan budget sih, ya berarti nggak ada masalah. Anda bisa beli dua-duanya.😀

Kalau saya sendiri lebih memilih notebok dari pada netbook. Alasannya, saya lebih sering bermain-main dengan software-software yang membutuhkan resource yang lumayan tinggi, seperti Photoshop dan CorelDraw. Saya juga termasuk gamer, sehingga lumayan sering mencoba game-game terbaru. Satu lagi, walaupun saya termasuk internet/online addict, namun saya lebih banyak online di rumah. Karena itu, saya nggak terlalu butuh netbook.🙂

Bagaimana dengan Anda, pilih notebook atau netbook?

sumber : http://tongkonanku.blogspot.com/2010/11/pilih-notebook-atau-netbook.html

Kategori:It's About IT
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: